NAMA : JUMIATI SAFITRI
Seperti halnya REKONSILIASI adalah
perbuatan memulihkan hubungan persahabatan pada keadaan semula , (perbuatan
menyelesaikan perbedaan ) seperti halnya wakil ketua majelis permusyawaratan
rakyat (MPR) lukman hakim mengungkapkan , apapun keyakinan yang dianut
seseorang , harus dihormati dan dihargai.
“ iya saya pikir itu keyakinan ya
kita harus menghormati keyakinan seseorang dan itu dijamin oleh konstitusi oleh
UUD ( undang undang dasar ) pasal 29 ayat 1 “ kata lukman pada wartawan di
istana Negara , jalan medan merdeka utara , Jakarta pusat ,selasa ( 13/08/2013)
.
Jadi , menurut saya keyakinan setiap
warga Negara itu dijamin konstitusi dan itu adalah hak setiap warga Negara
untuk memeluk agama yang diyakini dan beribadah menurut agamanya . ucapnya .
Wakil ketua umum partai persatuan
pembangunan (PPP) itu menjelaskan , hal itu berkaitan dengan REKONSILIASI SYIAH
,menurutnya semua pihak harus bias menerima perbedaan yang ada .
“ karena itu semua kita harus
menjunjung tinggi dan menghormati itu ( perbedaan) karena REKONSILIASI tidak
harus ,mensyaratkan seseorang harus pindah keyakinannya , karena harus menerima
keyakinan itu . pungkasnya .
Seperti halnya yang terjadi di
sidoharjo , warga islam SYIAH sampang menolak persoalan keyakinan dijadikan
materi atau syarat dalam rekonsiliasi , Jakarta – juru bicara lembaga bantuan
hukum universalia hertasning ichlas mengatakan warga islam syiah di sampang ,
Madura , meminta persoalan keyakinan ( syiah dan sunni) tidak dijadikan materi
atau syarat dalam proses rekonsiliasi .
Menurut hertasning warga islam syiah
sampang akan menolak jika dipaksa harus meninggalkan ajaran syiah .menurutnya ,
tindakan tersebut melanggar konstitusi yang menyatakan bahwa setiap orang bebas
untuk menentukan keyakinan
Warga syiah sampang , kata hertasning
, berharap presiden susilo bambang yudhoyono dapat menyelesaikan kasus ini
secara baik , sehingga pengungsi syiah sampang yang saat ini berada di rumah
susun sewa ( rusunawa ) di sidoarjo tersebut dapat pulang ke kampong halaman
mereka
Penyelesaian kasus ini selanjutnya
merupakan contoh penyelesaian konflik sebagai pelajaran bagi bangsa ini. Taubat
nasuha , ikrar ,syahadat ulang ,itu adalah pemaksaan dan itu inkonstitusional.
Yang penting lagi itu jelas bukan
bagian dari rekonsiliasi , kalau sudah ada pemaksaan , kalau sudah ada
pemberangusan terhadap suatu keyakinan tertentu , kita tidak bisa lagi menyebut
itu ,sebagai rekonsiliasi . mereka ingin memanipulasi dengan agenda seperti itu
, kita harus berpikir jernih , tidak mungkin iyu rekonsiliasi , ujarnya
Beberapa waktu lalu , menteri agama
suyadharma ali ketika bertemu dengan beberapa ulama Madura agar warga islam syiah
sampang tersebut meninggalkan ajaran syiah atau bertaubat jika ingin kembali
tinggal di kampong halaman mereka
Sementara itu presiden yudhoyono
berjanji akan memimpin langsung upaya rekonsiliasi antara penganut syiah dan
kelompok yang menentang mereka di sampang , Madura dalam waktu dekat .menurut
hertasning warga islam syiah sampang akan menolak jika dipaksa harus
meninggalkan ajaran syiah. menurutnya ,tindakan tersebut melanggaar konstitusi
yang menyatakan bahwa setiap orang bebas untuk menentukan keyakinan nya
Untuk mencari solusi permanen bagi
warga syiah yang saat ini berada di rusunawa puspa argo di taman sidoarjo ,
jawa timur .
“sekarang kita mencari solusi yang
permanen yang paling ideal tentu kembali ke kampung halamannya . tetapi ini kan
harus kita dibicarakan dengan masyarakat setempat supaya semuanya bisa memahami
dan hidup rukun harmonisnya dikampung “ ujarnya .
Warga syiah islam sampang ini sangat
berharap ingin pulang kekampung halaman mereka.
ANALISA KEDALAM PENGETAHUAN AQIDAH
DAN AKHLAK
Apakah syiah itu ? syiah adalah
aliran sampalan dalam islam , dan syiah merupakan salah satu dari sekian banyak
aliran aliran sempalan dalam islam .
Sedangkan yang dimaksud dalam aliran
sempalan dalam islam adalah aliran yang ajaran ajarannya menyempal atau
menyimpang dari ajaran islam yang sebenarnya yang telah disampaikan oleh
rasulullah saw , atau dalam bahasa agamanya disebut ahli bid’ah .
Sedangkan menurut bahasa syiah
berarti pengikut , juga mengandung makna pendukung dan pencinta , juga dapat
diartikan sebagai kelompok .oleh karena itu dalam bahsa syiah berarti muslimin
bisa disebut sebagai syiah nya Muhammad bin abdillah saw dengan pengikut isa
bisa disebut sebagai syiahnya syiah AS .
Perlu diketahui bahwa di zaman
rasulullah syiah atau kelompok dalam islam semuanya dilangkan oleh rasulullah
.sehingga saat itu tidak ada lagi syiah .karena rasulullah saw diutus untuk
mempersatukan umat dan tidak di utus untuk membuat kelompok kelompok .
Allah berfirman yang artinya dan
berpegang teguhlah kalian semuanya kepada tali agama allah dan jangan lah
kalian bercerai berai ( berkelompok kelompok).
Tapi setelah rasulullah wafat , benih
benih perpecahan mulai ada , sehingga saat itu ada kelompok yang mendukung
seseorang , tapi sifatnya politik . misalnya sebelum sayyidina abu bakar di
bayyiyat sebagai khalifah , tapi dengan disepakatinya sayyidina abu bakar
menjadi khalifah .dengan alasan karena dekatnya hubungan kekeluargaan dengan
rasulullah SAW.oleh karena dasarnya politik dan bukan aqidah maka hal hal yang
demikian itu , selalu terjadi.
Jadi istilah syiah saat itu tidak
hanya dipakai tidak hanya untuk pengikut atau kelompok imam ali saja , tapi
pengikut atau kelompok muawiyah juga disebut syiah .argumentasi tersebut
diperkuat dengan apa yang tertera dalam surat perjanjian atau shohifah attakkim
antara imam ali dan muawiyah , dimana dalam perjanjian itu disebutkan .
Berikut adalah 5 logika dasar akidah
syiah
Logika 1: nabi dan ahlul bait
Tanyakan kepada orang syiah , apakah
anda mencintai dan memuliakan ahlul bait nabi?Maka mereka akan menjawab , YA!
Bahkan mencintai ahlul bait merupakan pokok pokok akidah kami , kemudian
tanyakan lagi ,benarkah anda sungguh mencintai ahlul bait nabi? Pasti dia akan
menjawab YA! Demi allah .lalu katakan kepada dia ahlul bait nabi adalah anggota
keluarga nabi , kalau orang syiah sangat mencintai ahlul bait nabi, seharusnya
mereka lebih mencintai sosok nabi sendiri? Bukankah nabi Muhammad lebih utama
dari ahlul baitnya? Faktanya ajaran syiah lebih didominasi oleh perkataan2 yang
katanya bersumber dari fathimah ,ali , hasan , husein, dan anak turunan ,mereka
.mendahulukan sunah nabi , bukan suanh dari ahlul bait beliau ,syiah memuliakan ahlul bait karena memiliki
hubungan dengan nabi. Kenyataan ini kalau digambarkan seperti “ lebih memilih
kulit rambutan dari pada dagingnya “.
Logika 2: ahlul bait dan istri nabi
Tanyakan pada orang syiah , siapa
saja orang yang termasuk golongan syiah ahlul bait nabi ? nanti dia akan
menjawab “ ahlul bait nabi adalah fathimah , ali , hasan , husein dan anak cucu
mereka .lalu tanyakan lagi bagaimana dengan istri2 nabi seperti khadijah ,
sudah , aisyah, hafsah , zainab , ummu salamah , dll? Mereka termasuk ahlul
bait atau bukan? Dia akan mengemukakan dalil bahwa ahlul bait rasullullah
adalah ali husein hasan dan anak cucu mereka.
Faktanya dalam surat al ahzab ayat 33
disebutkan yang artinya “ bahwasanya allah menginginkan menghilangkan dosa dari
kalian, para ahlul bait , dan mensucikan kalian sesuci sucinyaa. Dalam ayat ini
istri rasul termasuk kategori allah swt.
Logika 3: islam dan sahabat
Tanyakan kepada orang syiah , apakah
anda beragama islam ? maka dia akan menjawab dengan penuh keyakinan “ tentu
saja , kami adalah islam ,kami ini muslim , lalu tanyakan lagi ke dia , “
bagaimana cara islam sampai ke anda ? maka orang itu akan menjawab dengan
silsilah dari rasulullah ke sahabat2 rasul ,
lalu tanyakan ke dia , jika anda mempercayai islam , bagaimana anda
sangat membenci para sahabat rasul? Faktanya kaum syiah sangat membingungkan
mereka mencaci maki para sahabat RA dengan sangat keji. Tetapi di sisi
lain,mereka masih mengaku masih sangat mencintai muslim .
Logika 4: seputar imam syiah
Tanyakan kepada orang syiah apakah
anda meyakini adanya imam dalam agama ? maka mereka akan menjawab , YA! Bahkan
imamah adalah salah satu rukun keimanan kami, lalu tanyakan lagi , siapa saja
imam imam yang anda yakini sebagai panutan dalam agama ? maka mereka akan
menyebutkan nama nama 12 imam syiah , ada juga menyebut 7 nama imam (
ja’fariyah). Lalu tanyakan kepada mereka , mengapa imam syiah tidak tercantum
nama imam hanafi , imam syafi’I , dan imam hanbali? Faktanya , kaum syiah tidak
mengakui 4 imam madzhab sebaguian dari imam imam mereka , kaum syiah memiliki
silsilah keimanan sendiri , terkenal dengan sebutan “imam 12” atau imamah itsna
asyari.hal ini merupakan bukti besar , bahwa syiah bukan ahlus sunah .semua
ahlus sunsh sudah sepakat dengan ttg keimanan empat imam tersebut.
Logika 5 : allah dan imam syiah
Tanyakan kepada orang syiah , siapa
yang lebih anda taati , allah taala atau imam syiah ? tentu dia akan menjawab
“jelas kami lebuh taat kepada allah” .lalu tanyakan lagi , mengapa anda lebuh
taat kepada allah ? mungkin dia akan menjawab , allah adalah tuhan kita , juga
tuhan imam imam kita , maka sudah sepantasnya kita mengabdi kepada allah yang
telah menciptkan Imam imam itu.kemudian tanyakan kepada orang2 itu ,mengapa
dalam kehidupan syiah2 dalam kitab2 syiah , dalam pengajian2 syiah , mengapa
anda lebih sering mengutip ,pendapat imam imam dari pada pendapat allah SWT
?faktanya sikap ideologis kaum syiah lebih dekat dengan kemusyrikan , karena
mereka lebih mengutamakan pendapat manusia dari pada ayat2 allah , padahal
dalam surat annisa ayat 59 menjelaskan “ jika terjadi saja satu perselisihan,
kembalikan kepada allah dan rasulnya ,itulah sikap islami , bukan melebihkan
pendapat imam di atas perkataan allah .
KAITAN KEYAKINAN DENGAN AQIDAH DAN AKHLAK
Allah telah menyanjung akhlak yang
pada dasarnya merupakan ketaatan dan menjadi sebab ketaatan sebagai bagian dari
agama itu sendiri. Allah taala telah memuji nabi Muhammad yang berakhlak mulia
, sebagaimana firmannya dan sesungguhnya kamu benar benar berbudi pekerti yang
agung (QS. Al qalam : 4).
Ibnu abbas RA menafsirkan bahwa yang
dimaksud adalah islam , beliau berkata “ yakni sesungguhnya engkau Muhammad,dalam
agama yang agung yaitu islam
.(HR.thabari dalam tafsirnya , 12/179).
Yang benar adalah tidak bahwa akhlak
tidak terlpas dari agama , fairuzabadi dalam kitabnya bashair dzawi attamyiz
,2/568 mengatakan ketahuilah bahwa agama selurunya adalah akidah akhlak . siapa
yang bertambah akhlaknya , maka bertambah lah agama pada diri anda .
Sesungguhnya agama yang banyak
menganjurkan ketaatan dan menekankan adanya kaitan dengan keimanan kepada allah
, begitu pula agama mengharamkan kemaksiatan dan dosa yang dapat menjerumuskan
nya pada pengingkaran terhadap allah dan hari kiamat .
Orang yang menyalahi ahli hadist ,
mereka kemungkinan akan rusak amalnya , baik karena keyakinan jelek dan
kenafikan atau karena penyakit hati , dan lemah imannya . diantara mereka ada
yang meninggslksn kewajiban dan melanggar aturan serta meremehkan hak hak
kerasnya hati yang tampak , oleh setiap orang . kebanyakan guru mereka dituduh
sesuatu yang besar. Meskipun diantara mereka terkenal dengan zuhud dan
ibadahnya . dalam kezuhudan dan ibadahnya sebagian orang awam dari kalangan
ahlus sunnah itu lebih bagus dari pada apa yang ada apanya .
Dan sesungguhnya agama yang sebenar
benarnya dalam bumi ini adalah islam ,karena agama islam inilah allah menutupi
agama agama sebelumnya , dengan agama ini pula allah menyempurnakan nikmat atas
mereka , allah hanya meridhoi islam sebagai agama yang harus mereka peluk , oleh
sebab itu tidak ada suatu agama pun yang diterima selain islam .
EmoticonEmoticon