REKONSILIASI TAK HARUS UBAH KEYAKINAN SESEORANG


NAMA : JUMIATI SAFITRI
Seperti halnya REKONSILIASI adalah perbuatan memulihkan hubungan persahabatan pada keadaan semula , (perbuatan menyelesaikan perbedaan ) seperti halnya wakil ketua majelis permusyawaratan rakyat (MPR) lukman hakim mengungkapkan , apapun keyakinan yang dianut seseorang , harus dihormati dan dihargai.
“ iya saya pikir itu keyakinan ya kita harus menghormati keyakinan seseorang dan itu dijamin oleh konstitusi oleh UUD ( undang undang dasar ) pasal 29 ayat 1 “ kata lukman pada wartawan di istana Negara , jalan medan merdeka utara , Jakarta pusat ,selasa ( 13/08/2013) .
Jadi , menurut saya keyakinan setiap warga Negara itu dijamin konstitusi dan itu adalah hak setiap warga Negara untuk memeluk agama yang diyakini dan beribadah menurut agamanya . ucapnya .
Wakil ketua umum partai persatuan pembangunan (PPP) itu menjelaskan , hal itu berkaitan dengan REKONSILIASI SYIAH ,menurutnya semua pihak harus bias menerima perbedaan yang ada .
“ karena itu semua kita harus menjunjung tinggi dan menghormati itu ( perbedaan) karena REKONSILIASI tidak harus ,mensyaratkan seseorang harus pindah keyakinannya , karena harus menerima keyakinan itu . pungkasnya .
Seperti halnya yang terjadi di sidoharjo , warga islam SYIAH sampang menolak persoalan keyakinan dijadikan materi atau syarat dalam rekonsiliasi , Jakarta – juru bicara lembaga bantuan hukum universalia hertasning ichlas mengatakan warga islam syiah di sampang , Madura , meminta persoalan keyakinan ( syiah dan sunni) tidak dijadikan materi atau syarat dalam proses rekonsiliasi .
Menurut hertasning warga islam syiah sampang akan menolak jika dipaksa harus meninggalkan ajaran syiah .menurutnya , tindakan tersebut melanggar konstitusi yang menyatakan bahwa setiap orang bebas untuk menentukan keyakinan
Warga syiah sampang , kata hertasning , berharap presiden susilo bambang yudhoyono dapat menyelesaikan kasus ini secara baik , sehingga pengungsi syiah sampang yang saat ini berada di rumah susun sewa ( rusunawa ) di sidoarjo tersebut dapat pulang ke kampong halaman mereka
Penyelesaian kasus ini selanjutnya merupakan contoh penyelesaian konflik sebagai pelajaran bagi bangsa ini. Taubat nasuha , ikrar ,syahadat ulang ,itu adalah pemaksaan dan itu inkonstitusional.
Yang penting lagi itu jelas bukan bagian dari rekonsiliasi , kalau sudah ada pemaksaan , kalau sudah ada pemberangusan terhadap suatu keyakinan tertentu , kita tidak bisa lagi menyebut itu ,sebagai rekonsiliasi . mereka ingin memanipulasi dengan agenda seperti itu , kita harus berpikir jernih , tidak mungkin iyu rekonsiliasi , ujarnya
Beberapa waktu lalu , menteri agama suyadharma ali ketika bertemu dengan beberapa ulama Madura agar warga islam syiah sampang tersebut meninggalkan ajaran syiah atau bertaubat jika ingin kembali tinggal di kampong halaman mereka
Sementara itu presiden yudhoyono berjanji akan memimpin langsung upaya rekonsiliasi antara penganut syiah dan kelompok yang menentang mereka di sampang , Madura dalam waktu dekat .menurut hertasning warga islam syiah sampang akan menolak jika dipaksa harus meninggalkan ajaran syiah. menurutnya ,tindakan tersebut melanggaar konstitusi yang menyatakan bahwa setiap orang bebas untuk menentukan keyakinan nya
Untuk mencari solusi permanen bagi warga syiah yang saat ini berada di rusunawa puspa argo di taman sidoarjo , jawa timur .
“sekarang kita mencari solusi yang permanen yang paling ideal tentu kembali ke kampung halamannya . tetapi ini kan harus kita dibicarakan dengan masyarakat setempat supaya semuanya bisa memahami dan hidup rukun harmonisnya dikampung “ ujarnya .
Warga syiah islam sampang ini sangat berharap ingin pulang kekampung halaman mereka.










ANALISA KEDALAM PENGETAHUAN AQIDAH DAN AKHLAK
Apakah syiah itu ? syiah adalah aliran sampalan dalam islam , dan syiah merupakan salah satu dari sekian banyak aliran aliran sempalan dalam islam .
Sedangkan yang dimaksud dalam aliran sempalan dalam islam adalah aliran yang ajaran ajarannya menyempal atau menyimpang dari ajaran islam yang sebenarnya yang telah disampaikan oleh rasulullah saw , atau dalam bahasa agamanya disebut ahli bid’ah .
Sedangkan menurut bahasa syiah berarti pengikut , juga mengandung makna pendukung dan pencinta , juga dapat diartikan sebagai kelompok .oleh karena itu dalam bahsa syiah berarti muslimin bisa disebut sebagai syiah nya Muhammad bin abdillah saw dengan pengikut isa bisa disebut sebagai syiahnya syiah AS .
Perlu diketahui bahwa di zaman rasulullah syiah atau kelompok dalam islam semuanya dilangkan oleh rasulullah .sehingga saat itu tidak ada lagi syiah .karena rasulullah saw diutus untuk mempersatukan umat dan tidak di utus untuk membuat kelompok kelompok .
Allah berfirman yang artinya dan berpegang teguhlah kalian semuanya kepada tali agama allah dan jangan lah kalian bercerai berai ( berkelompok kelompok).
Tapi setelah rasulullah wafat , benih benih perpecahan mulai ada , sehingga saat itu ada kelompok yang mendukung seseorang , tapi sifatnya politik . misalnya sebelum sayyidina abu bakar di bayyiyat sebagai khalifah , tapi dengan disepakatinya sayyidina abu bakar menjadi khalifah .dengan alasan karena dekatnya hubungan kekeluargaan dengan rasulullah SAW.oleh karena dasarnya politik dan bukan aqidah maka hal hal yang demikian itu , selalu terjadi.
Jadi istilah syiah saat itu tidak hanya dipakai tidak hanya untuk pengikut atau kelompok imam ali saja , tapi pengikut atau kelompok muawiyah juga disebut syiah .argumentasi tersebut diperkuat dengan apa yang tertera dalam surat perjanjian atau shohifah attakkim antara imam ali dan muawiyah , dimana dalam perjanjian itu disebutkan .




Berikut adalah 5 logika dasar akidah syiah
Logika 1: nabi dan ahlul bait
Tanyakan kepada orang syiah , apakah anda mencintai dan memuliakan ahlul bait nabi?Maka mereka akan menjawab , YA! Bahkan mencintai ahlul bait merupakan pokok pokok akidah kami , kemudian tanyakan lagi ,benarkah anda sungguh mencintai ahlul bait nabi? Pasti dia akan menjawab YA! Demi allah .lalu katakan kepada dia ahlul bait nabi adalah anggota keluarga nabi , kalau orang syiah sangat mencintai ahlul bait nabi, seharusnya mereka lebih mencintai sosok nabi sendiri? Bukankah nabi Muhammad lebih utama dari ahlul baitnya? Faktanya ajaran syiah lebih didominasi oleh perkataan2 yang katanya bersumber dari fathimah ,ali , hasan , husein, dan anak turunan ,mereka .mendahulukan sunah nabi , bukan suanh dari ahlul bait beliau ,syiah  memuliakan ahlul bait karena memiliki hubungan dengan nabi. Kenyataan ini kalau digambarkan seperti “ lebih memilih kulit rambutan dari pada dagingnya “.
Logika 2: ahlul bait dan istri nabi
Tanyakan pada orang syiah , siapa saja orang yang termasuk golongan syiah ahlul bait nabi ? nanti dia akan menjawab “ ahlul bait nabi adalah fathimah , ali , hasan , husein dan anak cucu mereka .lalu tanyakan lagi bagaimana dengan istri2 nabi seperti khadijah , sudah , aisyah, hafsah , zainab , ummu salamah , dll? Mereka termasuk ahlul bait atau bukan? Dia akan mengemukakan dalil bahwa ahlul bait rasullullah adalah ali husein hasan dan anak cucu mereka.
Faktanya dalam surat al ahzab ayat 33 disebutkan yang artinya “ bahwasanya allah menginginkan menghilangkan dosa dari kalian, para ahlul bait , dan mensucikan kalian sesuci sucinyaa. Dalam ayat ini istri rasul termasuk kategori allah swt.
Logika 3: islam dan sahabat
Tanyakan kepada orang syiah , apakah anda beragama islam ? maka dia akan menjawab dengan penuh keyakinan “ tentu saja , kami adalah islam ,kami ini muslim , lalu tanyakan lagi ke dia , “ bagaimana cara islam sampai ke anda ? maka orang itu akan menjawab dengan silsilah dari rasulullah ke sahabat2 rasul ,  lalu tanyakan ke dia , jika anda mempercayai islam , bagaimana anda sangat membenci para sahabat rasul? Faktanya kaum syiah sangat membingungkan mereka mencaci maki para sahabat RA dengan sangat keji. Tetapi di sisi lain,mereka masih mengaku masih sangat mencintai muslim .

Logika 4: seputar imam syiah
Tanyakan kepada orang syiah apakah anda meyakini adanya imam dalam agama ? maka mereka akan menjawab , YA! Bahkan imamah adalah salah satu rukun keimanan kami, lalu tanyakan lagi , siapa saja imam imam yang anda yakini sebagai panutan dalam agama ? maka mereka akan menyebutkan nama nama 12 imam syiah , ada juga menyebut 7 nama imam ( ja’fariyah). Lalu tanyakan kepada mereka , mengapa imam syiah tidak tercantum nama imam hanafi , imam syafi’I , dan imam hanbali? Faktanya , kaum syiah tidak mengakui 4 imam madzhab sebaguian dari imam imam mereka , kaum syiah memiliki silsilah keimanan sendiri , terkenal dengan sebutan “imam 12” atau imamah itsna asyari.hal ini merupakan bukti besar , bahwa syiah bukan ahlus sunah .semua ahlus sunsh sudah sepakat dengan ttg keimanan empat imam tersebut.
Logika 5 : allah dan imam syiah
Tanyakan kepada orang syiah , siapa yang lebih anda taati , allah taala atau imam syiah ? tentu dia akan menjawab “jelas kami lebuh taat kepada allah” .lalu tanyakan lagi , mengapa anda lebuh taat kepada allah ? mungkin dia akan menjawab , allah adalah tuhan kita , juga tuhan imam imam kita , maka sudah sepantasnya kita mengabdi kepada allah yang telah menciptkan Imam imam itu.kemudian tanyakan kepada orang2 itu ,mengapa dalam kehidupan syiah2 dalam kitab2 syiah , dalam pengajian2 syiah , mengapa anda lebih sering mengutip ,pendapat imam imam dari pada pendapat allah SWT ?faktanya sikap ideologis kaum syiah lebih dekat dengan kemusyrikan , karena mereka lebih mengutamakan pendapat manusia dari pada ayat2 allah , padahal dalam surat annisa ayat 59 menjelaskan “ jika terjadi saja satu perselisihan, kembalikan kepada allah dan rasulnya ,itulah sikap islami , bukan melebihkan pendapat imam di atas perkataan allah .






KAITAN KEYAKINAN DENGAN AQIDAH DAN AKHLAK

Allah telah menyanjung akhlak yang pada dasarnya merupakan ketaatan dan menjadi sebab ketaatan sebagai bagian dari agama itu sendiri. Allah taala telah memuji nabi Muhammad yang berakhlak mulia , sebagaimana firmannya dan sesungguhnya kamu benar benar berbudi pekerti yang agung (QS. Al qalam : 4).
Ibnu abbas RA menafsirkan bahwa yang dimaksud adalah islam , beliau berkata “ yakni sesungguhnya engkau Muhammad,dalam agama yang agung  yaitu islam .(HR.thabari dalam tafsirnya , 12/179).
Yang benar adalah tidak bahwa akhlak tidak terlpas dari agama , fairuzabadi dalam kitabnya bashair dzawi attamyiz ,2/568 mengatakan ketahuilah bahwa agama selurunya adalah akidah akhlak . siapa yang bertambah akhlaknya , maka bertambah lah agama pada diri anda .
Sesungguhnya agama yang banyak menganjurkan ketaatan dan menekankan adanya kaitan dengan keimanan kepada allah , begitu pula agama mengharamkan kemaksiatan dan dosa yang dapat menjerumuskan nya pada pengingkaran terhadap allah dan hari kiamat .
Orang yang menyalahi ahli hadist , mereka kemungkinan akan rusak amalnya , baik karena keyakinan jelek dan kenafikan atau karena penyakit hati , dan lemah imannya . diantara mereka ada yang meninggslksn kewajiban dan melanggar aturan serta meremehkan hak hak kerasnya hati yang tampak , oleh setiap orang . kebanyakan guru mereka dituduh sesuatu yang besar. Meskipun diantara mereka terkenal dengan zuhud dan ibadahnya . dalam kezuhudan dan ibadahnya sebagian orang awam dari kalangan ahlus sunnah itu lebih bagus dari pada apa yang ada apanya .
Dan sesungguhnya agama yang sebenar benarnya dalam bumi ini adalah islam ,karena agama islam inilah allah menutupi agama agama sebelumnya , dengan agama ini pula allah menyempurnakan nikmat atas mereka , allah hanya meridhoi islam sebagai agama yang harus mereka peluk , oleh sebab itu tidak ada suatu agama pun yang diterima selain islam .


        SELESAI
Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng